Mengenal Cagar Biosfer Blambangan

Cagar Biosfer Blambangan ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 2016 dengan total kawasan seluas 778,647 Ha dimana 127.855,5 Ha merupakan Zona Inti, 230.277,5 Ha Zona Penyangga (terrestrial: 84.080 ha; marine: 146.197,5 ha) dan 320.514 Ha Zona Transisi.

picture from : facebook.com/tamannasional.baluran

Cagar Biosfer Blambangan terletak di antara empat kabupaten di Jawa Timur yaitu Banyuwangi, Jember, Situbondo, dan Bondowoso. Situs tersebut meliputi Taman Nasional Baluran, Alas Purwo, Meru Betiri, serta Kawah Ijen. Cagar Biosfer Blambangan mencakup beragam ekosistem seperti darat, laut, savana, dan hutan tropis.

Kawanan Banteng di Savana TN. Alas Purwo
picture from : tnalaspurwo.org

UNESCO telah menetapkan Blambangan sebagai Cagar Biosfer Indonesia ke-11 yang sekaligus sebagai cagar biosfer dunia.

Pengakuan tersebut datang pada sidang International Coordinating Council (ICC) Program Man and the Biosphere (MAB) ke-28 yang diadakan di Lima, Peru pada tanggal 18-20 Maret 2016 lalu, seperti yang dikabarkan di laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kawanan Rusan di savana TN. Baluran. Area yang dijuluki sebagai africa van java.
Picture from : sunriseofjava.co.id

Cagar Biosfer, seperti dijelaskan dalam situs Unesco, adalah area ekosistem daratan dan pantai yang mempromosikan solusi untuk menjaga kelangsungan keanekaragaman hayati di dalamnya melalui pemanfaatan kawasan yang berkelanjutan.

Tentu, kawasan yang mendapatkan status ini akan mendapat perhatian lebih dari masyarakat internasional, terutama dalam hal menarik dana tambahan untuk melestarikan atau mengembangkannya.

Green Bay (Teluk Hijau) di TN. Meru Betiri
picture from : nativeindonesia.com

Cagar Biosfer juga bisa menjadi tempat belajar para ahli dalam hal mengeksplorasi keanekaragaman hayati, menerapkan program-program konservasi lahan dan pembangunan berkelanjutan.


Panorama Kawah Ijen, Keindahan Danau Belerang dan Birunya ‘Blue Fire’
picture from : pesonajatim.com

Saat ini ada 669 Cagar Biosfer di dunia yang tersebar di 120 negara. Semuanya terhubung dalam World Network of Biosphere Reserves (WNBR), tempat di mana mereka berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman, hingga bertukar personel.

Penetapan Blambangan sebagai cagar biosfer merupakan langkah yang tepat untuk mencegah kerusakan lingkungan. Tugas kita yaitu menjaga Cagar Biosfer Blambangan agar tetap menjadi kebanggaan kita.

Salam Konservasi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *